Pengertian Ekonomi Makro



Pengertian Ekonomi Makro


Pengertian Ekonomi Makro


Ekonomi makro atau bisa di sebut makro ekonomi adalah ekonomi yang menyangkut Keseluruhan . Makro-ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

 Eknomi Makro menyangkut berbagai aspek yaitu :

  • Dalam pemerintahan
Aspek dalam pemerintahan ini ekonomi makro menyangkut sebagai penyeimbang dan kebijakan kebijakan dalam Ekonomi.

  • Penganguran
Dalam aspek ini Ekonomi makro mempunyai peran yang sangat penting karena menyangkut berbagai hal seperti kemiskinan dan Penurunan Ekonomi yang akan di akibatkan jika Penganguran semakin tinggi di suatu Negara. Dengan adanya Ekonomi Makro ini penganguran dapat lebih berkurang dan juga di dorong oleh pemerintahan.

  • Inflasi 
Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang




 Bentuk-bentuk kebijakan dalam ekonomi makro

1. Kebijakan fiskal.

Kebijakan fisikal yaitu langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk membuat perubahan dalam hal pendapatan dan pengeluaran Negara dengan tujuan untuk mempengaruhi pengeluaran keseluruhan (agregat) didalam perekonomian ataupun untuk mempengaruhi jalannya perekonomian Negara.

2. Kebijakan moneter.

Yang dimaksud dengan kebijakan moneter yaitu suatu kebijakan pemerintah mengenai perilaku Bank sentral dalam penawaran dan pengaturan uang yang beredar pada suatu Negara. Dengan maksud atau tujuan untuk mempengaruhi pengeluaran keseluruhan (agregat). Itulah yang dimaksud dengan kebijakan moneter.

3. Kebijakan segi penawaran.

Kebijakan ini memiliki tujuan untuk dapat mempertinggi efesiensi kegiatan perusahaan, sehingga bisa menawarkan produknya dengan harga yang cukup murah dan dengan kualitas yang lebih baik. Itulah yang dimaksud dengan kebijakan penawaran.

Ekonomi makro pun mempunyai teori teori tersendiri yaitu:

Ekonomi makro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari ilmu ekonomi secara keseluruhan antra lain :kesempatan kerja atau pengangguran pendapatan nasional jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional, apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan ini disebut full employment, dan sebaliknya bila masih tersedia sumber daya yang belum dimanfaatkan maka perekonomian kita dalam keeadaan under emplyment atau terdapat pengangguran/belum ada posisi kesempatan kerja penuh.

Berikut di atas merupakan pengertian Ekonomi makro dan berbagai Hal yang menyangkut Ekonomi makro. semoga artikel ini dapat membantu dan menginspirasi .